Ekonomi Berbagi

Model ekonomi berbagi belum banyak dikenal dan tidak termasuk sistem yang baku. Ekonomi Berbagi (Economy of Sharing atau Economy of Communion) adalah model ekonomi yang diciptakan oleh Chiara Lubich, pendiri gerakan rohani yang disebut Focolare. Model ini mulai di Brasilia pada tahun 1991. Perusahan-perusahan yang tergabung di dalamnya (terdapat sekitar 745 perusahaan, baik besar maupun kecil, dan tersebar di 30 negara) serta dikelola oleh para professional, dengan mengindahkan spiritualitas dasar Focolare (ketulusan dan kerelaan, solidaritas, perhatian bagi yang kekurangan).

Model ini dilandasi keyakinan bahwa ekonomi adalah medan untuk mewujudkan spiritualitas dasar iman kristiani. Economy of Sharing adalah dimensi ekonomi dari spiritualitas dasar dalam sebuah komunitas. Spiritualitas dasarnya adalah kesatuan. Landasan dari spiritualitas ini adalah keyakinan bahwa Allah adalah Bapa semua orang. Kalau demikian berarti bahwa semua orang dipanggil untuk hidup sebagai putra-putri-Nya dan dengan demikian menjadi saudari dan saudara satu bagi yang lain dalam persaudaraan universal.

Inilah bentuk awal dari dunia yang bersatu. Untuk mewujudkannya, setiap dan semua orang mempunyai tanggungjawab untuk melaksanakan perintah kasih, yakni menghendaki yang baik bagi orang lain. Keutamaan ini ada dalam diri seiap orang. Inilah yang dirumuskan dalam gerakan Focolare sebagai “budaya berbagi”.

Mgr. I. Suharyo dalam The Catholic Way

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Next Post

Kontekstualisasi Masyarakat Pancasilais

Thu Nov 2 , 2017
Realitas tersaji di dalam konfigurasi politik nasional kita syarat dengan konflik kepentingan dan rentan perpecahan baik itu entitas politik dan sosial. Hal ini tentu mengundang keprihatinan yang sangat mendalam. Pokok persoalan dan gejolak kerap muncul sebab ego individualisme dan ideologi kepentingan kelompok yang mana lebih diutamakan daripada kepentingan bangsa. Padahal […]