Bijak Kelola Keuangan Rumah Tangga Nelayan

-LPUBTN Sosialisasikan Managemen Rumah Tangga Nelayan Tambakrejo

 

SEMARANG – Puluhan ibu rumah tangga yang menjadi perwakilan masing-masing Rukun Tetangga (RT) di RW 16 Kelurahan Tanjungmas Kota Semarang, mendapatkan penyuluhan berupa sosialisasi managemen keuangan rumah tangga di Gardu Pandang RT 03 Kampung Tambakrejo, Jumat (17/5). Penyuluhan ini dipandu oleh LPUBTN Semarang dan dibantu oleh perwakilan mahasiswa Psikologi Unika Soegijapranata.

Adapun materi yang diberikan diantaranya pencatatan pendapatan dan pengeluaran rumah tangga, pemaparan pengisian buku kontrol keuangan, dan penyuluhan pentingnya membiasakan diri mencatat keuangan rumah tangga. “Ini bagian dari literasi ekonomi, jadi dengan mencatat ibu-ibu maupun bapak-bapak yang dominan menggantungkan hidupnya pada sumber daya laut dapat mengontrol kebutuhan dan pengeluaran harian,” ujar penggerak LPUBTN Semarang, Anry.

Sosialisasi ini penting sebagai bagian dari pendampingan dan pemberdayaan kehidupan nelayan dan warga yang menggantungkan hidup sepenuhnya pada laut. Nelayan dan pekerjaan lainnya yang berhubungan dengan laut sangat bergantung dengan alam. Oleh sebab itu, sangat rentan bila tidak memiliki kontrol ekonomi rumah tangga yang baik. Pendapatan bisa habis untuk operasional pengeluaran selama melaut yang semakin tidak murah.

Seluruh peserta sangat antusias mengikuti acara ini. Beberapa diantaranya juga tidak segan-segan berbagi cerita terkait managemen ekonomi rumah tangganya. Dalam acara ini, seluruh peserta maupun penggerak sama-sama saling berbagi pengalaman kehidupan dalam mengelola keuangan rumah tangga. Pada akhir acara, seluruh peserta dan penggerak sama-sama menikmati sajian berbuka puasa. Adapun para mahasiswa Psikologi Unika yang terdiri dari Seto selaku koordinator, Enggar, Valen, dan Lidya. Sementara dari para penggerak ada Lapo Tambunan, Eko Ony Haryanto, Septina Dwi Ariyani, Salamun, dan Joseph Army turut dalam proses pendampingan. Acara ini didukung penuh oleh Bapak dan Ibu Ketua RW 16 Kelurahan Tanjung Mas Slamet Riyadi. (Army)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *