Sinergi Koperasi Buruh dengan Stasi Banjardowo

Usaha para buruh bersinergi dengan banyak pihak memang sangat penting untuk terus ditingkatkan. Koperasi Buruh Mitra Sejahtera yang digawangi oleh Pak Mulyono, misalnya. Pada hari minggu, 30 September 2018, para pengurus koperasi buruh berdiskusi dengan pihak gereja Santo Ignatius, Stasi Banjardowo, Paroki Santo Yusuf, Gedangan.

Melalui pertemuan tersebut, para pengurus koperasi buruh berupaya agar dapat semakin membangun kerja sama dengan Komisi Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE) Paroki Gedangan maupun pengurus Stasi Banjardowo.

Pengurus Koperasi Buruh Mitra Sejahtera meyakini bahwa apa yang mereka lakukan adalah sebagai salah satu jalan terbaik untuk menciptakan kemandirian, solidaritas, dan peningkatan kapasitas melalui pendidikan yang mana di dalamnya juga menyoal ekonomi rumah tangga, sehingga perlu untuk terus dikembangkan bersama-sama.

Pengurus Koperasi Buruh Mitra Sejahtera juga menyadari bahwa sudah tentu koperasi tidak dapat berjalan sendirian karena hal tersebut hanya akan membuat langkah berjalan pelan dalam upaya mengembangkan dan menjangkau serta melayani anggota koperasi. Maka dari itu, sinergi menjadi kunci keberhasilan gerak koperasi guna dapat melangkah cepat dan pasti dalam upaya mewujudkan kesejahteraan bersama.

Di samping itu, perihal Rumah Inspirasi Buruh juga menjadi pembahasan yang tidak kalah penting. Para buruh ingin berupaya untuk dapat memaksimalkan area yang terdapat di sekitar stasi banjardowo. Meskipun Rumah Inspirasi Buruh bukan berwujud fisik berupa bangunan, namun rumah imajiner tersebut dapat menjadi ruang untuk berkumpul dalam mengembangkan suatu usaha bersama seperti perkebunan, perikanan, dan Central Training bagi para buruh di kawasan industri wilayah timur Semarang.

Dinamika koperasi buruh yang kini tengah berproses lebih dari setengah tahun terus mendapat perhatian dari LPUBTN. Sebagai lembaga gerakan sosial ekonomi, LPUBTN berkomitmen dan senantiasa mengajak berbagai pihak guna bersama-sama meningkatkan kapasitas para pengurus koperasi, diantaranya pendampingan dalam pembenahan konsep dan manajemen serta jaringan koperasi serta peningkatan kapasitas pengurus Koperasi Buruh Mitra Sejahtera. (ƒdr)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *