Bagi Ratusan Bibit Terong dan Cabai kepada Warga Tambakrejo

-Aksi Penghijauan KKU UNIKA Soegijapranata 2019

SEMARANG – Puluhan mahasiswa dari beragam jurusan dan fakultas di UNIKA Soegijapranata menggelar aksi penghijauan di Kampung Tambakrejo RW 16 Kelurahan Tanjungmas Kota Semarang. Aksi penghijauan ini sebagai bagian dari rangkaian Kuliah Kerja Usaha (KKU) yang digelar sejak April 2019. Adapun jumlah kelompok yang terlibat dalam aksi ini sebanyak sepuluh kelompok yang masing-masing diisi lima orang anggota.

Dalam aksi penghijauan ini, tim KKU UNIKA di Tambakrejo telah menyiapkan ratusan polibag dan bibit terong serta cabai. Sementara sisa bibit lainnya disumbangkan salah satu mitra dampingan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unika Soegijapranata, yaitu LPUBTN KAS sebanyak ratusan bibit empon-empon siap tanam. Selain bibit dan polibag, tim KKU yang bekerja sama dengan warga juga menyediakan tanah dan pupuk kandang yang akan dibagikan rata untuk tiap-tiap kepala keluarga.

BERI PAPARAN: Koordinator LPUBTN KAS Caecilia Isti Sumiwi (pegang microphone) Memberikan Sejumlah Paparan Terkait Program Penanaman Sayur bagi Warga Tambakrejo RW 16 Kelurahan Tanjung Mas di Gardu Pandang, Minggu (23/6). (Army)

“Kegiatan ini sangat membantu warga dalam satu rangkaian besar pembangunan kebun kota di pekarangan rumah masing-masing warga. Dibalik itu semua dari pihak LPUBTN telah menunjukan konsistensi pemberdayaan masyarakat sesuai dengan kebutuhan gizi akan sayur mayur yang sehat,” ujar Isti Sumiwi dalam sambutan aksi penghijauan ini.

Warga yang mendapatkan polibag dengan tiga macam bibit sangat antusias menyambut pemberian ini. “Kami senang dan akan berjuang merawat sebaik-baiknya, mudah-mudahan ke depan kami juga mendapat penyuluhan perawatan yang cocok dengan iklim laut yang terik seperti ini. Sebab tanaman sangat rentan terhadap gejala layu, kering, dan bahkan permasalahan hama,” kata Ketua RW 16 Slamet Riyadi.

 

GOTONG BIBIT: Para Mahasiswa KKU Unika Soegijapranta Menggotong Ratusan Bibit Cabai Siap Tanam di Tambakrejo RW 16 Kelurahan Tanjung Mas, Minggu (23/6). (Army)

Dengan adanya aksi ini, diharapkan mampu menggugah minat warga untuk bercocok tanam sayuran guna menunjang kebutuhan harian keluarga. “Ini langkah sederhana untuk mendukung program pemerintah kota maupun keinginan rumah tangga di Tambakrejo, bisa menikmati asrinya lingkungan mereka dan manfaat hasil pertanian yang telah mereka rawat,” papar Titus selaku Ketua rombongan KKU UNIKA Tambakrejo dan Asisten Pendamping Lapangan Monic, serta perwakilan LPPM UNIKA Soegijapranata Vincentia Ananda. (Army)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *