Warga Antusias Sambut Ayam, Nangka, dan Singkong

-Pelatihan Akhir Tahun LPUBTN KAS di Njlarem

BOYOLALI – Tim LPUBTN KAS kembali melaksanakan kunjungan ke Njlarem, Kabupaten Boyolali pada Rabu (18/12). Dalam kunjungannya penutup tahun 2019 ini, tim LPUBTN membawa beberapa ekor ayam kampung dewasa dan dua bibit tanaman, yaitu nangka madu dan singkong keju. Ayam dan sejumlah bibit tanaman ini menjadi pembuka kegiatan pemberdayaan warga Njlarem, guna peningkatan kesejahteraan sosial warga.

Sebanyak 30 warga antusias menyambut kegiatan ini. Mereka menerima secara simbolis ayam-ayam yang segera dimasukan ke dalam kandang yang telah dipersiapkan sebelumnya. Selain itu, mereka juga memperhatikan penjelasan tim LPUBTN KAS terkait penanaman stek singkong keju. “Selama ini kalau menanam tahunya hanya tinggal tancap. Harusnya dilukai dulu potongan batang singkong setinggi 5 sentimeter. Setelah itu baru ditancap ke tanah,” papar dokter hewan Vicentius Wasisto Pramono selaku penyuluh pertanian dan peternakan LPUBTN KAS.

TANAM SINGKONG KEJU: drh. Pram Memberikan Penjelasan Penanaman Singkong Keju di Salah Satu Rumah Warga di Njlarem, Boyolali, Rabu (18/12).

Sementara itu untuk nangka madu, drh. Pram membawa satu buah nangka madu yang cukup besar untuk dinikmati bersama-sama warga Njlarem. Biji-biji dari nangka tersebut nantinya sudah bisa ditanam dan sampai usia tanaman lima tahun baru bisa dipanen. “Satu pohon nangka bisa menghasilkan 50 buah dalam satu tahun. Rasanya lebih enak dan tentu saja harga jualnya lebih tinggi,” tambah drh. Pram yang diikuti warga yang berebut mencari biji-biji nangka yang sudah dimakan, dan batang-batang stek singkong keju.

Usai acara penyerahan ayam dan bibit tanaman ini, warga yang dikoordinatori Pak Untung akan menggelar kegiatan serupa pada 8 Januari 2020 mendatang. “Sekalian kami gelar kunjungan lapangan dan natalan bersama warga, agar efektivitas persebaran pelatihan ini bisa dirasakan semuanya,” ujar Untung yang disepakati seluruh warga Njlarem. (Army)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *