Siswa De Britto di Tambak Lorok

Sebagai sebuah lembaga yang mempunyai perhatian terhadap pendampingan nelayan, maka LPUBTN melakukan pemetaan terhadap kondisi sosial ekonomi di kampung nelayan Tambak Lorok, Semarang. Pemetaan tersebut dimaksudkan sebagai bahan analisis untuk menentukan intervensi atau langkah apa yang akan dan dapat dilakukan.

Pemetaan dilakukan dengan berbagai tahap, mulai dari penyebaran kuisioner yang mana dibantu oleh para siswa SMA Kolose De Britto Yogyakarta ketika sedang melakukan live in. Para murid tersebut juga melakukan pertemuan dengan Lurah Tanjung Mas dan perwakilan dari RW 12 sampai 16. Dari hasil  pemetaan tersebut,  ditemukan satu permasalahan yang mendesak untuk diselesaikan, yaitu persoalan penanganan dan pengelolaan sampah.

Untuk menindaklanjuti permasalah tersebut, maka LPUBTN dengan dibantu oleh para relawan kemudian melakukan Sosialisasi Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah. Melalui sosialisasi tersebut kemudian disepakati agar dibentuk Forum Koordinasi antara Pemerintah Daerah, Masyarakat dan Dunia Industri untuk membahas dan menemukan solusi terkait penanganan dan pengelolaan sampah. (Liza)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *