Pendidikan Manajerial Koperasi

Pagi hari bertempat di PT. Rodeo, Banjardowo, 11 Maret 2018, para pengurus Koperasi Buruh Mitra Sejahtera menimba pendidikan manajerial koperasi dari Bapak Drs. H. Hadi Prawoto, M.Si., selaku dosen Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi & Bisnis Unika Soegijapranata. Melalui kesempatan ini, para pengurus koperasi berupaya untuk mengulik seluk beluk koperasi mulai dari persoalan administrasi seperti buku penjualan, buku pembelian, kas keluar-masuk, buku anggota, hingga klausul yang terdapat pada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga koperasi.

Para pengurus koperasi yang hadir pun mencoba membuat simulasi pelbagai tabel terkait pembukuan. “Tentu, tidak dapat dipungkiri bahwa dalam proses pendokumentasian segala macam aktifitas koperasi akan menemui kesulitan-kesulitan, papar Pak Hadi.” Maka dari itu, standar operasional prosedur kiranya dapat dijalankan agar tidak mengalami kesulitan pada proses pencatatan dan mekanisme kerja koperasi.

Melalui proses pendidikan ini, Pak Hudi mempersilahkan kepada para pengurus koperasi untuk berkonsultasi secara berkala. Dalam konsultasi tersebut, diharapkan bahwa proses segala aktifitas pembukuan sesuai dengan standar yang nantinya akan disampaikan pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) untuk diketahui bersama-sama para anggota koperasi. (ƒdr)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *